Selasa, 03 September 2013

Charles Babbage Penggagas Mesin Komputer Pertama


Babbage lahir pada tanggal 26 Desember 1791  dan wafat pada tanggal 18 Oktober 1871. Dia berkebangsaan inggris dan merupakan seorang seorang matematikawan, filusuf, dan mekanik.
Dia menjadi tokoh penting dalam sejarah perkembangan komputer setelah dia memberi gagasan tentang sebuah komputer yang dapat diprogam. Dia membuktikannya dengan membuat sebuah mesin walapupun tidak selesai pada akhirnya.(Sekarang mesin itu disimpan di Museum Sains London).
Karena melihat banyak kesalahan yang dilakukan manusia saat mengitung, Babbage mendapat inspirasi dari perkembangan mesin hitung yang dikerjakan oleh Wilhelm Schickard, Blaise Pascal, dan Gottfried Leibniz. Gagasan awal tentang mesin Babbage ditulis dalam bentuk surat yang ditulis untuk Sir Humphrey Davy pada tahun 1822. Charles Babbage mencoba menghitung tabel matematika menggunakan mesin yang disebut Difference engine.
Saat pertama kali difference engine disusun, mesin ini terdiri kira-kira lebih dari 25.000 bagian dengan berat sebesar 136.000 kg dan tinggi 2,4 meter.
Babbage sendiri mengerjakan mesin ini sampai dia mati pada tahun 1871. Tetapi mesin ini tidak pernah selesai, padahal dukungan dana untuk proyeknya mendapat banyak dukungan. Difference engine baru dibuat kembali pada tahun 1989-1991 (1,5 abad kemudian) dengan menggunakan rencana dari Babbage. Hal ini dilakukan untuk memberi penghormatan kepada Babbage. Setelah difference engine tidak selesai, Babbage membuat design sebuah mesin yang bebeda dan lebih kompleks, yaitu Analytical engine pada tahun 1856. Perbedaan utama dari engine ini dibanding sebelumnya adalah penggunaan punch cards. Mesin mirip dengan komputer zaman sekarang.
Babbage menyadari bahwa sebuah progam dapat ditanam pada bagian sebuah komputer, dalam hal ini punch cards. Idenya adalah orang cukup membuat progam pada awalnya saja, lalu jika ada orang yang ingin menjalankan mesin itu, cukup menanamkanpunch cards dan mesin akan berjalan.
Mesin ini menggunakan loop(putaran) dari Jacquard’s punched cards untuk mengontrol mesin sehingga dapat merumuskan hasil mendasar dari perhitungan yang dilakukan sebelumnya.

Karya Babbage mulai terkenal ketika ia bertemu dengan Ada Lovelace(1843) yang kemudian menerjemahkan dan menambahkan karya Babbage. Ada Lovelace sekarang dihargai begitu tinggi sebagai Programmer Computer pertama di dunia dan untuk menghormati jasanya,  ada bahasa pemograman yang bernama ‘ADA’ .
Beberapa prestasi lain dari Charles Babbagge:
  • Mempunyai gelar the Lucasian chair of mathematics (gelar dunia dalam bidang matematika)
  • Menyusun tabel asuransi pertama
  • Menciptakan sistem pos modern di Inggris
  • Menciptakan locomotive cowcather yang berguna untuk membersihkan rel
  • Memecahkan vigenere cipher (polyalphabet cipher).
  • Menulis sebuah buku berjudul, “On the Economy of Machinery and Manufactures” pada tahun 1832 yang menjelaskan tentang kerja mesin dan peralatan, penggunaan energi yang efisien, dan membuat mesin perhitungan untuk mengecek jumlah barang dan bahan baku.  Prinsip-prinsip ini  disebut “principles of manufacturing”.
Biodata singkat:
  • Nama    : Charles Babbage
  • Lahir      : 26 Desember 1791
  • Wafat    : 18 Oktober 1871
  • Ayah      : Benjamin Babbage
  • Istri        : Georgina Whitmore
Alasan Charles Babbage menjadi tokoh di bidang informatika:
Hal ini karena computer sangat penting di kehidupan sekarang, dimana computer tersebut sangat berperan penting dalam bidang informatika. Charles Babbage inilah orang pertama yang memiliki gagasan di balik computer modern. Sehingga ia disebut sebagai Bapak Komputer.
Efeknya di bidang Informatika:
Karena pemikirannya mengenai computer yang pertama kali , kini terjadi perkembangan dunia komputasi yang berbanding lurus dengan perkembangan Informatika yang semakinberkembang pesat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar